Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
POTRET DAN HARAPAN PENILAIAN PENDIDIKAN Tinjauan Filsafat, Ideologi, Paradigma Penilaian Pendidikan Widinda Normalia Arlianty Universitas Negeri Yogyakarta widinda0140pasca.2022@student.uny.ac.id ABSTRAK Penilaian Pendidikan dapat dijabarkan dan ditinjau dari tiga hal yaitu filsafat, ideologi dan paradigma. Penilaian adalah sebuah kegiatan yang dilakukan guna untuk mencapai tujuan pembelajaran dan melihat tercapaianya pemahaman. Penilaian Pendidikan sangat bergantung terhadap proses pembelajaran yang dilaknsanakan. Menurut ideologi Pendidikan, penilaian Pendidikan ada penilaian eksternal dan penilaian internal. Penilaian eksternal seperti penilaian sumatif dan formatif yang dipengaruhi oleh adanya politik. Sementara penilaian internal merupakan penilaian yang berbasis goal-free. Penilaian berbasis goal-free diantaranya seperti Classroom Based Test dan Authentic assessment (Portofolio, proyek, kinerja/performa). Jenis penilaian ini bisa dikatakan inovatif j
Komentar
Posting Komentar